PROPOSAL USAHA
Dra.
Entri Sulistari Gundo, M.Si.
Donald
Samuel Slamet Santosa, S.Pd., M.Pd.
Oleh
:
Erin Putri Mardiana (162014004)
Jiyem ( 162014017)
Desi Catur Wulandari (162014024)
FKIP
( PENDIDIKAN EKONOMI )
UNIVERSITAS
KRISTEN SATYA WACANA 2014/2015
Jl. Diponegoro 52-60, Salatiga 50711 Telp. (0298)
311412, Fax (0298) 31141
KAJIAN
TEORI
Pengertian Proposal Usaha
Proposal berasal dari bahasa inggris yaitu "to propose" yang artinya mengajukan, secara bahasa proposal dapat di artikan sebagai "bentuk pengajuan atau permohonan". penawaran itu bisa berupa ide, gagasan, pemikiran atau sebuah rencana kerja yang di tujukan kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan, baik itu yang sifatnya izin, persetujuan, "dana" dan lain - lain. Proposal bisa juga diartikan sebagai sebuah tulisan / pemaparan yang dibuat oleh penulis yang bertujuan untuk melakukan penjabaran atau menjelaskan sebuah rencana dengan suatu tujuan atau kegiatan kepada pembaca atau pihak yang menjadi target.
Dengan kata lain. Proposal dapat di rumuskan sebagai sebuah rencana berupa tulisan yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja kegiatan, yang terdiri dari pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data, yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau untuk mendapat persetujuan.
Pengertian proposal usaha menurut para ahli :
1. Hasnun Anwar (2004 : 73) proposal adalah : rencana yang disusun utnuk kegiatan tertentu.
2 Jay (2006 : 1) proposal adalah alat bantu manajemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.
Dapat disimpulkan bahwa Proposal Usaha bisa di artikan sebagai pengajuan yang berupa tulisan yang berisi perencanaan dan pemaparan usaha, mulai dari dana, keperluan perlengkapan, rencana penjualan hingga rencana keuntungan yang mungkin bisa di dapat dari usaha tersebut.
1. Hasnun Anwar (2004 : 73) proposal adalah : rencana yang disusun utnuk kegiatan tertentu.
2 Jay (2006 : 1) proposal adalah alat bantu manajemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.
Dapat disimpulkan bahwa Proposal Usaha bisa di artikan sebagai pengajuan yang berupa tulisan yang berisi perencanaan dan pemaparan usaha, mulai dari dana, keperluan perlengkapan, rencana penjualan hingga rencana keuntungan yang mungkin bisa di dapat dari usaha tersebut.
Tujuan dan Fungsi Proposal
Tujuan Proposal adalah untuk memperoleh bantuan dana, atau memperoleh dukungan atau sponsor, dan juga untuk memperoleh perizinan.
Tujuan Proposal adalah untuk memperoleh bantuan dana, atau memperoleh dukungan atau sponsor, dan juga untuk memperoleh perizinan.
Fungsi Proposal
Ternyata proposal memiliki fungsi yang banyak dan beragam di antaranya adalah
·
Untuk melakukan penelitian yang berkenaan
dengan agama, sosial, politik, ekonomi,budaya, dan sebagainya.
·
Untuk mendirikan usaha kecil, menengah,
atau besar
·
Untuk mengajukan tender dari lembaga-lembaga
pemerintah atau swasta
·
Untuk
mengajukan kredit kepada bank.
·
Untuk mengadakan acara seminar, diskusi,
pelatihan, dan sebagainya.
Jenis - Jenis Proposal
Secara umum proposal di bedakan menjadi 4 jenis yaitu:
a. Proposal Bisnis /Usaha -
Proposal ini berkaitan dengan dunia usaha dan bisnis, baik itu perseorangan maupun kelompok. contoh dari proposal ini misalnya proposal pendirian usaha, proposal dalam bentuk kerjasama antar perusahaan dan lain-lain.
b. Proposal Proyek
Proposal proyek ini lebih mengacu pada dunia kerja yang berisi serangkaian ragam dan rencana bisnis atau yang bersifat komersil
misalnya proposal proyek pembangunan.
c. Proposal Penelitian
Jenis proposal ini lebih sering digunakan di bidang akademisi misalnya penelitian untuk pembuatan skripsi, tesis dan lainnya.
Jenis - Jenis Proposal
Secara umum proposal di bedakan menjadi 4 jenis yaitu:
a. Proposal Bisnis /Usaha -
Proposal ini berkaitan dengan dunia usaha dan bisnis, baik itu perseorangan maupun kelompok. contoh dari proposal ini misalnya proposal pendirian usaha, proposal dalam bentuk kerjasama antar perusahaan dan lain-lain.
b. Proposal Proyek
Proposal proyek ini lebih mengacu pada dunia kerja yang berisi serangkaian ragam dan rencana bisnis atau yang bersifat komersil
misalnya proposal proyek pembangunan.
c. Proposal Penelitian
Jenis proposal ini lebih sering digunakan di bidang akademisi misalnya penelitian untuk pembuatan skripsi, tesis dan lainnya.
Contoh dan isi dari proposal ini adalah pengajuan kegiatan penelitan.
Proposal Kegiatan
Proposal kegiatan yaitu pengajuan rencana sebuah kegiatan baik itu bersifat individu maupun kelompok
misalnya proposal kegiatan pentas seni budaya.
Proposal Kegiatan
Proposal kegiatan yaitu pengajuan rencana sebuah kegiatan baik itu bersifat individu maupun kelompok
misalnya proposal kegiatan pentas seni budaya.
Kerangka proposal usaha
:
A.
Pendahuluan
·
Latar belakang
·
Tujuan
·
Uraian secara singkat gambaran usaha yang
akan atau sedang dijalankan
B.
Profil Perusahaan
·
Jenis Usaha (jelaskan secara singkat jenis
dan spesifikasi usaha anda)
·
Nama Perusahaan (cantumkan nama
perusahaan, buat nama yang menarik simpel, dan mudah diingat)
·
Lokasi (cantumkan lokasi usaha anda, lebih
bagus disertai foto dan denah,sebaiknya pilih lokasi yang strategis yang
menarik bagi investor)
C.
Struktur Organisasi Perusahaan
Berisikan tentang
struktur organisasi perusahaan, serta penjelasan tentang peran tugas masing
masing jabatan.
D.
Produk Perusahaan
·
Jenis Produk (berisi tentang penjelasan
produk anda yakinkan bahwa produk anda menarik dan memiliki kualitas yang bagus
dan menarik perhatian investor)
·
Proses Pembuatan Produk (jelaskan bagaimana
produk anda dihasilkan,buat sejelas mungkin dan di sarankan membuat diagram
alir,proses berbentuk produk)
·
Keunggulan produk (jelaskan produk anda
dibanding kompetitor)
E.
Target Pasar
·
Segmentasi pasar produk (contoh kalangan
menengah – bawah)
·
Target pemasaran produk (contoh anak anak
lingkungan sekolah dasar )
F.
Promosi dan Pemasaran
·
Strategi promosi dan pemasaran (jelaskan
bagaimana produk anda ditawarkan kepada konsumen apakah lewat promosi pamflet,
banner, door to door, person to person, atau lewat jejaring sosial)
G.
Laporan Keuangan
·
Alokasi dana (jelaskan secara singkat
sumber permodalan dan akan modal pengembangan usaha)
·
Perhitungan laba (jelaskan bagaiamana
perhitungan besaran, keuntungan yang bisa di dapat dar usaha anda)
H.
Penutup
Tulislah kata atau kalimat sopan sebagai
penutup proposal usaha kecil yang anda buat
I.
Lampiran
·
Biodata pemilik usaha (lampirkan juga CV
anda sebagai owner atau pengelola usaha)
·
Surat perjanjian (berisi kontrak kerja
jika sudah terjadi kesepakatan bersama)
Manfaat Proposal Usaha
Berikut adalah manfaat proposal usaha yang bisa kita
dapatkan jika proposal yang kita buat di setujui, dan manfaat proposal usaha
tersebut adalah :
1.
Proposal usaha berguna untuk membandingkan
antara perkiraan /rencana dengan hasil yang nyata.
2.
Proposal usaha membantu wirausahawan untuk
mengembangkan dan menguji strategi yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain.
3.
Proposal usaha dapat membantu
wirausahawan untuk dapat berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang
akan dimasukinya/digeluti.
4.
Persaingan faktor ekonomi dan analisis
finansial yang masuk dalam subjek proposal usaha dapat mendekati asumsi-asumsi
secara cermat, mengenai seberapa besar tingkat keberhasilan salam usaha.
5.
Semakin jelasnya / transparasi
sumber-sumber keuangan yang diterima maupun yang akan dikeluarkan
6.
Proposal Usaha dapat memberikan gambaran
awal dan seberapa jauh kemampuan manajerial seorang wirausahawan.
7.
Proposal usaha dapat mengidentifikasi
adanya kemungkinan resiko kritis pada saat penting, untuk mempermudah penentuan
langkah antisipasi.
8.
Proposal usaha dapat memberikan informasi
potensi pasar dan perkiraan market share yang mungkin bisa dengan mudah diraih.
9.
Proposal usaha dapat memberikan
sumber-sumber finansial yang lebih jelas, dokumen ringkas yang mengandung
informasi penting serta evaluasi finansial.
10.
Proposal usaha dapat memberikan gambaran
tentang kemampuan wirausahawan untuk memenuhi kewajibanya sebagai wirausahawan
sekaligus pemimpin..
CONTOH
PROPOSAL USAHA
PROPOSAL STUDI KELAYAKAN BISNIS KEDAI
BAKPAO KENTANG “MARADONA”
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Saat
ini wisata kuliner di Indonesia dipenuhi dengan berbagai macam variasi makanan,
mulai dari camilan, kue, hingga masakan khas nusantara. Berbagai pengusaha
kuliner memutar otak untuk menyajikan makanan yang berbeda dan memiliki
inovasi, hal tersebut dilakukan untuk menarik perhatian konsumen terhadap jenis
makanan yang diproduksi. Tidak jarang sekarang ini kita temukan berbagai jenis
makanan yang unik dan baru, sehingga kita tertarik untuk mencobanya, beberapa
contoh adalah “Burger Buto”, “Brownies Tempe”, “Bakso Keju”, “Martabak Pisang”,
dsb. Mereka memberikan cita rasa baru terhadap jenis makanan yang mereka
produksi, sehingga para konsumen pun penasaran dan menjadikan variasi
makanan-makanan tersebut sebagai suatu bentuk penyegaran dari jenis-jenis
makanan yang sudah biasa mereka konsumsi.
Untuk
menciptakan makanan yang unik dan memiliki inovasi, kita tidak harus
menggunakan bahan makanan yang sulit atau jarang dijumpai, dari bahan-bahan
makanan disekitar kita pun dapat dimanfaatkan menjadi suatu jenis makanan yang
unik, apalagi jika bahan makanan tersebut memiliki manfaat yang baik bagi
kesehatan, jadi tidak hanya menarik dari segi cita rasa namum juga menyehatkan.
Bahan
sederhana yang dapat kita manfaatkan untuk membuat suatu jenis makanan adalah
kentang. Kentang merupakan lima kelompok besar makanan pokok dunia selain
gandum, jagung, beras, dan terigu. Dibandingkan beras, kandungan karbohidrat,
protein, lemak dan energi kentang lebih rendah, namun jika dibandingkan dengan
umbi-umbian lain seperti singkong, ubi jalar, dan talas, komposisi kandungan
gizi kentang masih relative lebih baik. Kentang merupakan satu-satunya jenis
umbi yang kaya akan vitamin C. Kadarnya mencapai 30 miligram per 100 gram,
sedangkan umbi-umbian lainnya sangan miskin akan vitamin C. Kebutuhan vitamin C
sehari adalah 60 miligram, dengan mengonsumsi sebuah umbi kentang ukuran
sedang, sepertiga kebutuhan vitamin C telah tercapai. Demikian halnya dengan
kebutuhan akan vitamin B dan zat besi. Selain itu kentang juga merupakan sumber
kalsium, fosfor, dan kalium, yang berguna untuk mencegah hipertensi.
Kita
dapat memanfaatkan kentang yang kaya akan manfaat tersebut dengan mengolahnya
menjadi Bakpao Kentang, sejauh ini yang sering kita temui adalah bakpao dari
tepung terigu biasa dan bakpao dari telo. Namun terdapat hal yang menjadikan
Bakpao Kentang ini menjadi lebih unik, yaitu isi selai apel.
Apel
merupakan buah khas kota Malang yang kaya akan antioksidan yang berkhasiat
untuk mencegah kanker, selain itu apel juga mengandung serat yang dipercaya
dapat melawan kolestrol jahat dan meningkatkan kolestrol baik. Jadi inovasi Bakpao Kentang Isi Apel ini memiliki kandungan gizi yang baik
bagi kesehatan, disamping rasanya yang lezat, sebab selai apel dapat memberikan
rasa manis yang segar dari bakpao kentang yang gurih tersebut.
1.2 Gambaran
Umum Potensi Usaha
Usaha
pembuatan bakpao kentang isi selai apel ini merupakan suatu inovasi yang dapat
dijadikan sebagai peluang usaha baru, sebab bahan baku dari bakpao kentang isi
selai apel tersebut mudah ditemui di berbagai daerah karena kentang sendiri merupakan
salah satu makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia, dan apel yang juga
merupakan buah khas kota Malang dapat dijumpai di seluruh daerah di Indonesia.
Harga dari kentang dan juga apel pun mudah dijangkau oleh semua kalangan,
sehingga memungkinkan bagi mereka yang ingin memulai usaha produksi bakpao
kentang isi selai apel ini. Seperti yang telah diuraikan pada sub bab
sebelumnya bahwa kedua bahan baku utama yaitu kentang dan apel mengandung
banyak vitamin dan gizi. Berikut komposisi beberapa kandungan gizi dari umbi
kentang dalam 100 gram adalah sebagai berikut:
Tabel 1.1 Kandungan Gizi Untuk 100g Kentang
Kandungan
|
Jumlah
|
Protein
|
2,00 gr
|
Lemak
|
0,30 gr
|
Karbohidrat
|
19,10 gr
|
Kalsium
|
11,00 mg
|
Fosfor
|
56,00 mg
|
Serat
|
0,30 gr
|
Zat Besi
|
0,30 mg
|
Vitamin B1
|
0,09 mg
|
Vitamin B2
|
0,03 mg
|
Vitamin C
|
16,00 mg
|
Niacin
|
1,49 mg
|
Sumber: Direktorat
Gizi Departemen Kesehatan Tahun
2010
Sedangkan
komposisi beberapa kandungan gizi dari Apel dalam 100gram tertera pada table
2.1 pada lembar berikutnya.
Dari
data-data tersebut, dapat diketahui bahwa kombinasi dari kentang dan apel
memberikan gizi yang baik serta manfaat yang menyehatkan tubuh. Sehingga cocok
untuk dijadikan makanan pelengkap atau makanan sehari-hari yang juga dapat
memanjakan lidah para konsumen.
Tabel 1.2 Kandungan Gizi Untuk 100gram Apel
Kandungan
|
Jumlah
|
Energi
|
52 kkal
|
Karbohidrat
|
13,81 gr
|
Gula
|
10,39 gr
|
Serat
|
2,40 gr
|
Lemak
|
0,17 gr
|
Protein
|
0,26 gr
|
Air
|
85,56 gr
|
Vitamin A
|
3,00 mg
|
Vitamin B1
|
0,017 mg
|
Vitamin B2
|
0,026 mg
|
Vitamin B3
|
0,091 mg
|
Vitamin B5
|
0,061 mg
|
Vitamin B6
|
0,041 mg
|
Vitamin B9
|
3,00 mg
|
Vitamin C
|
4,60 mg
|
Kalsium
|
6,00 mg
|
Zat Besi
|
0,12 mg
|
Magnesium
|
5,00 mg
|
Fosfor
|
11,00 mg
|
Kalium
|
107,00 mg
|
Seng
|
0,04 mg
|
Sumber: Direktorat
Gizi Departemen Kesehatan Tahun
2010
BAB
II
ASPEK
HUKUM
2.1 Nama Unit Usaha
Unit
usaha ini diberi nama Kedai
Bakpao Kentang “Maradona” dikarenakan
bergerak dalam bidang usaha kuliner yang memproduksi bakpao kentang isi selai
apel yang selain lezat juga menyehatkan, dengan harapan mampu menjadi bakpao
yang digemari seluruh masyarakat yang tidak hanya terbatas di kota Malang saja.
Nama
Badan Usaha : PT. Maradona Sejahtera
Pemilik
: Marchella Pramadhana Hardy
Dhaniar Citra Hardy
Asri Wahyuni
Alamat
: Jalan Mayjen Wiyono Kav.1 No.2
Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing
Malang, 65117
No.
Telp
: 0341 350240
2.2 Legalitas Usaha
Dari
segi legalitas usaha, unit usaha kami memiliki beberapa dokumen badan hukum
untuk melaksanakan usaha bisnis sebagai bekal agar usaha yang dilaksanakan
berjalan lancar di kemudian hari. Beberapa dokumen hukum yang dimiliki
berkaitan dengan aspek hukum adalah :
2.2.1 Badan Hukum
Jenis
badan hukum usaha kami yaitu Perseroan Terbatas (PT). Karena usaha ini sifatnya
merupakan usaha bersama dengan modal bersama dan keuntungan dibagi bersama
berdasarkan besarnya proporsi dari masing masing pemodal, dimana seluruh
aktivitas yang timbul dalam pengelolaan menjadi tanggung jawab PT. Dari segi
kepemilikan, jenis PT ini adalah Perseroan Terbatas Biasa, dimana para pendiri,
pemegang saham dan pengurusnya adalah warga negara Indonesia dan berbadan hukum
Indonesia. Sedangkan dari segi status Perseroan Terbatas, PT ini merupakan
Perseroan Tertutup, dimana saham atas PT kami tidak ditawarkan secara umum
dalam Bursa Efek Indonesia.
Selain
itu, badan hukum yang didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan
usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham, badan hukumnya
merupakan subyek hukum dan kekayaan yang terpisah (modal).
2.2.2 Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Usaha
Kedai Bakpao Kentang memiliki ijin usaha dari Dinas Perindustrian dan
Perdagangan Kota Malang, serta sudah terdaftar sebagai pelaku usaha penjualan
komoditas makanan. Sesuai dengan UU No. 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar
Perusahaan, Perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang menjalankan setiap
usaha yang bersifat tetap dan terus menerus didirikan, bekerja, serta
berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia dengan tujuan memperoleh
keuntungan/laba.
2.2.3 Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Sebagai
badan usaha, kami juga mendaftarkan NPWP atas aktiva usaha kami ke Departemen
Direktorat Jendral Pajak Kota Malang. NPWP merupakan nomer yang diberikan
kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang
dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas bagi wajib pajak dalam
melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Kepemilikan NPWP penting sebab
supaya usaha kami dapat memberikan penghasilan kepada Pemerintah.
2.2.4 Izin-izin Perusahaan
Sebagai
pelaku usaha yang patuh terhadap hukum yang berlaku, maka usaha kami juga
memiliki beberapa dokumen perizinan sesuai dengan jenis bidang usaha yang kami
jalankan. Izin-izin tersebut antara lain:
a. Surat Izin Usaha Industri (SIUI), usaha kami
telah mendapatkan SIUI dari Departemen Perdagangan dan Perindustrian Kota
Malang sebagai usaha yang memproduksi makanan.
b. Izin Domisili, usaha kami memiliki Izin
Domisili di mana lokasi perusahaan berada dari Pemerintah Kota Malang.
c. Izin Mendirikan Bangunan (IMB), demi
kelancaran usaha maka kami selaku pengusaha juga melakukan perijian untuk
merehap bangunan yang kami gunakan sebagai perusahaan kami. IMB tersebut kami
dapatkan dari Pemerintah Kota Malang.
2.2.5 Bukti Diri
Unit
usaha kami juga mempunyai bukti diri mengenai identitas para pemilik usaha yang
dikeluarkan oleh Kelurahan Polehan yang dikenal dengan nama Kartu Tanda
Penduduk (KTP) beserta tanda identitas lainnya yang diperlukan.
2.2.6 Keabsahan Dokumen lainnya
Di
samping keabsahan dokumen-dokumen yang telah disebutkan di atas, terdapat
keabsahan dokumen-dokumen lain yang tidak kalah penting bagi lancarnya usaha
kami khususnya dalam aspek hukum. Beberapa dokumen tersebut ialah:
a. Status Hukum Tanah, keabsahan Sertifikat
Tanah perusahaan kami dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota
Malang. Jenis hak atas tanah tersebut adalah Hak Milik. Tanah di mana
perusahaan kami berdiri merupakan tanah yang dapat diperjualbelikan, sebab
bukan merupakan tanah adat, wakaf, sengketa, transmigrasi, atau milik
Pemerintah.
b. Status Kendaraan Bermotor, untuk kelancaran
kegiatan usaha kami memiliki 1 (satu) mobil yang digunakan untuk sarana
distribusi, promosi, dll. Kami memiliki keaslian surat-surat atas kendaraan
bermotor tersebut seperti, Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), harga
beli (faktur dan kwitansi), dan kondisi kendaraan.
c. Serta surat-surat atau sertifikat lainnya
yang berkepentingan dalam aspek hukum, seperti sertifikat pangan dari Badan
Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) dan sertifikat halal dari Majelis Ulama
Indonesia (MUI).
BAB
III
ASPEK
MANAJEMEN
3.1 Bentuk Organisasi
Manajemen
merupakan alat untuk mencapai tujuan perusahaan, PT. Maradona Sejahtera sendiri
memiliki tujuan yaitu memenuhi kebutuhan konsumen terhadap makanan sehat dan
inovatif yang dapat bersaing secara unggul di bidang kuliner. Tujuan kami dapat
terlaksana dan tercapai karena adanya wadah atau tempat untuk melakukan
kegiatan tersebut yang kami sebut dengan organisasi. Organisasi merupakan suatu
proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.
Organisasi
dalam perusahaan kami merupakan organisasi formal, dimana segala kegiatan yang
dilakukan terkoordinasi dan strukturnya tersusun secara tegas. Struktur
organisasi kami menggambarkan tugas, wewenang, dan tanggung jawab masing-masing
bagian. Bentuk dari struktur organisasi kami adalah organisasi lini. Berikut
merupakan gambar dari struktur organisasi lini perusahaan kami.
3.2 Sumber Daya
Manusia
Dalam
menjalankan kegiatan usaha PT. Maradona Sejahtera, kami memperkerjakan kurang
lebih 23 tenaga kerja dengan rincian dan spesifikasi sebagai berikut:
a. 1 orang Pimpinan
Bertanggung jawab
atas segala kegiatan usaha demi tercapainya tujuan perusahaan. Memiliki
wewenang puncak dan memiliki kewajiban menjadi decision maker atau pengambil
keputusan. Pimpinan pada PT. Maradona Sejahtera adalah pemilik perusahaan yang
bersangkutan.
b. 1 orang Manajer Pemasaran
Bertanggung jawab
atas segala kegiatan pemasaran agar supaya produk dari unit usaha ini dapat
dikenal oleh masyarakat luas dan mendorong mereka untuk mengonsumsi produk
kami. Seorang Manajer Pemasaran pada PT. Maradona Sejahtera adalah lulusan S1
Sarjana Ekonomi dengan minimal pengalaman 1 tahun dalam bidang yang sama.
c. 1 orang Manajer Keuangan
Bertanggung jawab
atas segala kegiatan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan, membuat laporan
keuangan setiap 6 bulan sekali, dan menganalisis hasil laporan yang ada agar
supaya kondisi keuangan perusahaan tetap stabil dan baik. Seorang Manajer
Keuangan pada PT. Maradona Sejahtera adalah lulusan S1 Sarjana Ekonomi dengan
minimal pengalaman 1 tahun di bidang yang sama.
d. 1 orang Manajer SDM
Bertanggung jawab
atas segala kegiatan ketenagakerjaan, mulai dari analisis jabatan, perekrutan,
pemberian kompensasi, pengembangan karier, sampai dengan Pemutusan Hubungan
Kerja (PHK). Seorang Manajer SDM pada PT. Maradona Sejahtera adalah lulusan S1
Sarjana Sosiologi dengan minimal pengalaman 1 tahun di bidang yang sama.
e. 1 orang Manajer Produksi
Bertanggung jawab
atas segala kegiatan produksi perusahaan, mulai dari ketersediaan bahan baku,
pengolahan bahan baku, sampai dengan mengatur persediaan secara efektif dan
efisien. Seorang Manajer Produksi pada PT. Maradona Sejahtera adalah lulusan S1
Sarjana Ekonomi dengan minimal pengalaman 1 tahun di bidang yang sama.
f. 1 orang Supervisor Pelayanan
Bertanggung jawab
atas segala kegiatan pelayanan pada pelanggan. Supervisor ditugaskan untuk
tetap stand by di Kedai Bakpao Kentang untuk mengawasi dan memimpin para
Pramusaji yang bertugas. Seorang Supervisor Pelayanan pada PT. Maradona
Sejahtera adalah lulusan SMA/sederajat dengan minimal pengalaman 1 tahun di
bidang yang sama.
g. 2 orang Staf Pemasaran
Bertanggung jawab
untuk membantu dan menerima perintah dari Manajer Pemasaran dalam melaksanan
kegiatan pemasaran perusahaan. 2 orang Staf Pemasaran pada PT. Maradona
Sejahtera adalah lulusan SMA/sederajat.
h. 1 orang Staf Keuangan
Bertanggung jawab
untuk membantu dan menerima perintah dari Manajer Keuangan dalam melaksanan
kegiatan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan. Seorang Staf Keuangan pada
PT. Maradona Sejahtera adalah lulusan SMA/sederajat.
i. 1 orang Staf SDM
Bertanggung jawab
untuk membantu dan menerima perintah dari Manajer SDM dalam melaksanakan
kegiatan yang berkaitan dengan ketenagakerjaan dalam perusahaan. Seorang Staf
SDM pada PT. Maradona Sejahtera adalah lulusan SMA/sederajat.
j. 5 orang Staf Produksi
Bertanggung jawab
untuk membantu dan menerima perintah dari Manajer Produksi dalam melaksanakan
kegiatan produksi perusahaan. 5 orang Staf Produksi pada PT. Maradona Sejahtera
adalah lulusan SMK jurusan Tata Boga atau telah menempuh pendidikan informal
Tata Boga.
k. 2 orang Pramusaji
Bertanggung jawab
untuk melayani setiap konsumen yang datang di Kedai Bakpao Kentang dan menerima
perintah dari Supervisor Pelayanan. 2 orang Pramusaji pada PT. Maradona
Sejahtera adalah lulusan SMA/sederajat.
l. 1 orang Kasir
Bertanggung jawab
untuk melayani setiap transaksi pembayaran yang dilakukan oleh konsumen di
Kedai Bakpao Kentang. 1 orang Kasir pada PT. Maradona Sejahtera adalah lulusan
SMA/sederajat.
m. 2 orang Driver
Bertanggung jawab
sebagai sopir untuk melancarkan kegiatan usaha yang berlangsung, seperti
membantu proses distribusi, pengiriman pesanan, dll. 2 orang Driver pada PT.
Maradona Sejahtera adalah lulusan SMA/sederajat yang telah memiliki SIM A dari
Kepolisian setempat.
n. 2 orang Cleaning Service
Bertanggung jawab
atas kebersihan dan kerapian kondisi Kedai Bakpao Kentang. 2 orang Cleaning
Service pada PT. Maradona Sejahtera adalah lulusan SMP/sederajat.
o. 1 orang Tenaga Serabutan
Bertanggung jawab
untuk membantu para tenaga kerja perusahaan dalam mengerjakan hal-hal yang bersifat
umum. Seorang Tenaga Serabutan pada PT. Maradona Sejahtera adalah lulusan
SMP/sederajat.
BAB
IV
ASPEK
PEMASARAN
4.1 Segmentasi,
Targeting, dan Positioning
Pada
masa sekarang ini, tingkat persaingan semakin ketat begitu juga dalam bidang
kuliner. Para pelaku usaha yang menginginkan usahanya dapat bertahan dan
berkembang maka harus pandai memutar otak untuk memasarkannya. Maka dari itu,
peran pemasaran dalam suatu usaha begitu penting, sebab pemasaran akan
menentukan kelanjutan usaha suatu perusahaan. Salah satu kegiatan yang tidak
boleh ditinggalkan dalam pemasaran adalah melakukan segmentasi pasar,
targeting, dan positioning yang akan diuraikan di bawah ini:
a. Segmentasi
Segemtasi pasar
berarti membagai pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang
mungkin memerlukan produk atau marketing mix yang berbeda pula. Segmentasi
pasar dari PT. Maradona Sejahtera adalah masyarakat kota maupun kabupaten
Malang golongan menengah ke atas.
b. Targeting
Targeting adalah
melakukan evaluasi keaktifan setiap segmen, kemudian memilih satu atau lebih
segmen pasar untuk dilayani. Pasar sasaran atau target dari PT. Maradona
Sejahtera mencakup segala usia, baik Lansia, Dewasa, Remaja, atau Anak-anak
yang menggemari makanan sehat dan inovatif.
c. Positioning
Penentuan posisi
pasar dilakukan setelah menentukan segmen mana yang akan dimasuki, maka harus
pula menentukan posisi mana yang ingin ditempati dalam segmen tersebut. Posisi
pasar dari PT. Maradona Sejahtera adalah menciptakan image di benak konsumen
sebagai perusahaan yang memproduksi inovasi makanan yang menyehatkan dan juga
lezat. Makanan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin konsumen
segala usia dengan harga yang kompetitif.
4.2 Permintaan
Permintaan
adalah keinginan yang didukung oleh daya beli dan akses untuk membeli. Artinya
permintaan akan terjadi apabila didukung oleh kemampuan yang dimiliki seorang
konsumen untuk membeli. Akses untuk memperoleh produk yang kami tawarkan juga
sangat menentukan besarnya permintaan, oleh karena itu masalah lokasi yang
mudah dijangkau sangat kami perhatikan untuk menjaga besarnya permintaan.
4.2.1 Perkembangan
Permintaan Sekarang
Apabila
dicermati, permintaan terhadap makanan yang sehat namun juga cocok dengan
selera masyarakat semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran
masyarakat akan pentingnya makanan sehat sebagai penunjang kebutuhan gizi dan
vitamin bagi tubuh. Dalam hal kuliner, umumnya konsumen selalu ingin mencoba
hal yang baru, makanan yang sehat saja tidak cukup untuk membuat konsumen
kembali membeli produk kami, yang harus diperhatikan ialah rasa yang enak dan
sesuai dengan selera mayarakat kota Malang. PT. Maradona Sejahtera selalu
berusaha menjaga kualitas produk Bakpao Kentang agar masyarakat yang sudah
menjadi pelanggan kami tetap menyukai cita rasa produk kami dan menjadi
pelanggan yang loyal.
Bakpao
Kentang Isi Apel yang kami produksi banyak digemari oleh masyarakat kota
Malang, selain sebagai camilan di sela-sela makanan berat, produk kami juga
banyak dibeli konsumen sebagai oleh-oleh. Hal tersebut membawa keuntungan
tersendiri bagi usaha kami, sebab dengan begitu tidak hanya masyarakat kota
Malang saja yang mengenal produk kami, tapi produk kami juga akan dikenal oleh
masyarakat luar kota Malang. Dengan begitu permintaan terhadap produk kami juga
dapat meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang mengenal dan
menggemari produk kami.
4.2.2 Prospek
Permintaan di Masa Mendatang
Banyak
pelaku usaha memperdiksi bahwa bidang kuliner akan digemari masyarakat dalam
jangka waktu yang cukup panjang, selama masih tercipta inovasi-inovasi dalam
kuliner maka hal yang disebut dengan wisata kuliner masih terus diburu oleh
konsumen. Oleh karena itu kami optimis bahwa dengan menciptakan inovasi produk
secara terus-menerus, maka permintaan terhadap Bakpao Kentang tidak akan surut.
Bahkan inovasi yang tepat dan disukai oleh masyarakat mampu mempertahankan dan
menarik banyak pelanggan yang loyal. Selai trend mengenai wisata kuliner,
semakin lama masyarakat akan semakin memperhatikan gaya hidup sehat. Hal
tersebut akan membuka peluang kami semakin lebar lagi, sebab seiring dengan
semakin banyaknya masyarakat yang sadar akan gaya hidup sehat, maka semakin
banyak masyarakat yang mengonsumsi makanan sehat.
Namun
hal yang harus diperhatikan ialah munculnya para pesaing di bidang kuliner
dengan jenis produk yang sama. Saat ini bisa dikatakan saingan utama kami ialah
Bakpao Telo, namun dalam masa mendatang bukan suatu hal yang tidak mungkin akan
bermunculan banyak pesaing. Dalam menghadapi para pesaing di masa mendatang,
maka mulai dari sekarang kami terus melakukan riset terhadap inovasi produk
yang disukai konsumen, hal tersebut kami lakukan semata-mata untuk menjaga
tingkat permintaan agar nantinya tidak menurun.
4.3 Penawaran
Penawaran
adalah jumlah barang atau jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai tingkat
harga pada suatu waktu waktu tertentu. Terdapat beberapa faktor yang
mempengaruhi penawaran dari produk kami, antara lain harga barang tersebut
yaitu Bakpao Kentang Isi Apel, harga barang lain yang memiliki hubungan (barang
pengganti atau barang pelengkap dari produk kami), teknologi, harga input
(biaya produksi), tujuan perusahaan, dan fakto khusus (misalnya kemudahan
akses).
4.3.1 Perkembangan
Penawaran Sekarang
Perkembangan
penawaran unit usaha kami saat ini bisa dikatakan normal dengan targetn margin
laba yang efektif. Hal tersebut disebabkan karena harga jual dari produk
kami yang termasuk kategori cukup terjangkau, sehingga dengan bidikan segmen
pasar yang sudah ada, kami optimis laba margin dapat tercapai dengan jumlah
penawaran yang kami produksi. Selain hal tersebut, harga dari bahan baku yaitu
Kentang dan Apel juga saat ini masih terbilang normal, sehingga jumlah
penawaran dari produk kami dapat tetap stabil. Untuk membuat usaha Bakpao
Kentang kami menjadi lebih baik, maka secara berkala kami akan meningkatkan
jumlah penawaran, tentu saja hal ini tidak dapat dilakukan secara instan sebab
kami juga harus memperhatikan kondisi pasar terlebih dahulu.
4.3.2 Prospek
Penawaran di Masa Mendatang
Mengingat
besarnya peluang bagi kami untuk mengembangkan unit usaha kami di bidang
kuliner, maka yang akan kami lakukan pada masa mendatang ialah menawarkan
produk yang lebih bervariasi. Dengan adanya variasi produk maka kami dapat
meningkatkan jumlah penawaran yang pada gilirannya dapat meningkatkan besarnya
margin laba yang akan kami peroleh. Varian produk yang nantinya akan kami
hasilkan tidak hanya terbatas dari rasa namun juga dari segi manfaat. Cara penawaran tersebut juga akan
semakin variatif dan lebih kompetitif karena akan ditunjang dengan perangkat
teknologi informasi yang memberikan kemudahan bagi bagi penjual maupun pembeli
dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi agar produk kami
semakin dikenal oleh masyarakat luas.
Prediksi
kami pada masa mendatang, akan semakin banyak orang-orang yang bersosialisasi
di dunia maya dan jejaring social juga akan semakin berkembang, atas dasar
tersebut kami akan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan
penawaran. Selain dari segi teknologi, kami juga memiliki prospek untuk
memperluas jaringan usaha kami. Sehingga tidak hanya terbatas di kota Malang,
tapi juga di berbagai kota lain yang membawa potensi bagi usaha kami untuk
berkembang.
4.4 Analisis Kelayakan
Pemasaran
Dalam
melakukan analisis Permintaan, kami menggunakan model matrik pembobotan
berskala 1 – 5.
Keterangan:
Sangat
lemah :
1
Kuat
: 4
Lemah
:
2
Sangat kuat : 5
Sedang
: 3
Table 4.1 Model
Matriks Pembobotan Berskala
No.
|
Item yang Dinilai
|
Kriteria Penilaian
|
||||
Sangat lemah
|
Lemah
|
Sedang
|
Kuat
|
Sangat Kuat
|
||
1
|
SDM
|
√
|
||||
2
|
Pesaing
|
√
|
||||
3
|
Konsumen
|
√
|
||||
4
|
Teknologi
|
√
|
||||
5
|
Model/Trend
|
√
|
||||
6
|
Armada
Pemasaran
|
√
|
||||
7
|
Harga
|
√
|
||||
8
|
Promosi
|
√
|
||||
9
|
Distribusi
|
√
|
||||
10
|
Produk
dan Lini Produk
|
√
|
||||
11
|
Mutu
Produk
|
√
|
||||
12
|
Peraturan
Pemerintah
|
√
|
||||
13
|
Lingkungan
Bisnis
|
√
|
||||
14
|
Ketersediaan
Bahan Baku
|
√
|
||||
15
|
Rencana
Pemasaran
|
√
|
||||
16
|
Penyimpanan
Produk
|
√
|
||||
17
|
Margin
Laba
|
√
|
||||
18
|
Ketersediaan
Modal
|
√
|
||||
19
|
Pangsa
Pasar
|
√
|
||||
20
|
Manajemen
Pemasaran
|
√
|
||||
Total
Bobot
|
15
|
48
|
15
|
Interval = Nilai
tertinggi dari interval – Nilai terendah dari interval
Jumlah kelas
= 5 – 1
5
= 0,8
1,00 –
1,80 = Sangat tidak layak
1,81 –
2,60 = Tidak layak
2,61 –
3,40 = Sedang
3,41 –
4,20 = Layak
4,21 – 5,00
= Sangat layak
Untuk mengetahui
layak atau tidaknya dari segi pemasaran maka dapat dicari dengan rumus:
Kelayakan
usaha =
Total bobot
Jumlah item yang dinilai
= 78 : 20
= 3,9
Berdasarkan hasil
yang diperoleh sebesar 3,9 maka usaha Bakpao Kentang Isi Apel dari sisi
pemasaran dikatakan dikatakan layak karena masuk pada range 3,41 – 4,20.
4.5 Strategi Bauran
Pemasaran
Karena
luasnya kegiatan pemasaran, maka dalam melaksanakan kegiatan pemasaran produk,
kami akan menekankan pada strategi bauran pemasaran (marketing mix) melalui,
strategi produk, strategi harga, strategi lokasi, serta strategi promosi.
4.5.1 Strategi Produk
Produk
utama yang kami tawarkan di pasaran ialah Bakpao Kentang Isi Apel, mengapa isi
apel menjadi produk utama kami, sebab selama ini belum ada bakpao dengan isi
apel yang merupakan buah khas kota Malang. Oleh sebab itu kami mengutamakan
bakpao dengan isi apel tersebut, karena kami memandang produk tersebut sebagai
produk yang berbeda dengan yang telah ada di pasar. Namun kami juga menawarkan
varian isi bakpao seperti isi Strawberry, Kiwi, Blueberry, Coklat, Vanilla,
Kacang, dan Daging Cincang.
Merek
dari produk kami ialah Bakpao Kentang “Maradona”, mengapa kami memilih kata
Maradona sebagai merek, karena kata tersebut mudah diingat dan memiliki kesan
hebat serta menarik. Merek yang mudah diingat sangat penting dalam hal
pemasaran, sebab dengan begitu akan menimbulkan brand awareness di benak
masyarakat. Selain merek yang mudah diingat, kami juga menciptakan kemasan yang
menarik, karena pada umumnya konsumen membeli produk untuk dibawa pulang, maka
kami menciptakan tas kemasan yang dapat dipakai lagi. Ketika konsumen menggunakan
tas tersebut, akan terjadi proses pemasaran secara tidak langsung. Oleh karena
itu kami menciptakan tas kemasan yang menarik dari segi desain dan warna.
Dalam
strategi produk, kami juga menyertakan label dari BPOM RI dan label halal dari
MUI. Hal tersebut penting kami lakukan sebab dapat menumbuhkan rasa percaya
dari konsumen. Dengan adanya label dari BPOM RI maka konsumen akan percaya
bahwa produk kami telah teruji aman dan memenuhi standar kualitas pangan, yang
pada gilirannya konsumen tidak akan ragu-ragu lagi untuk mengonsumsi Bakpao
Kentang. Sedangkan label halal dari MUI dapat menumbuhkan rasa percaya
khususnya bagi kosumen yang beragama muslim. Label halal tersebut menunjukkan
bahwa segala bahan makanan yang digunakan untuk membuat Bakpao Kentang adalah
bahan makanan yang halal.
4.5.2 Strategi Harga
Harga
adalah salah satu aspek yang paling penting dalam marketing mix. Penentuan
harga menjadi sangat penting untuk diperhatikan, mengingat harga merupakan
salah satu penyebab laku tidaknya produk yang ditawarkan. Kami sangat
berhati-hati dalam menentukan harga, agar harga tersebut tetap dapat dijangkau
dan juga agar margin laba yang kami targetkan tetap tercapai.
Harga
untuk satu buah Bakpao dengan varian rasa buah-buahan seperti Apel, Strawberry,
Kiwi, dan Blueberry ialah Rp. 4.000. Harga untuk satu buah bakpao dengan varian
rasa lain seperti Coklat, Vanilla, Kacang, dan Daging Cincang iala Rp. 4.500.
Sedangkan untuk pembelian satu box bakpao berisi 6 buah dengan varian rasa
buah-buahan harganya ialah Rp. 22.000, untuk varian rasa lain harganya Rp.
25.000. Kami memberikan harga yang berbeda pula untuk pembelian satu box bakpao
berisi 12 buah, varian rasa buah-buahan kami bandrol dengan harga Rp. 40.000,
sedangkan varian rasa lain kami bandrol dengan harga Rp. 45.000.
Harga
yang kami tetapkan di atas sudah termasuk diskon, sebab semakin banyak jumlah
yang dibeli oleh konsumen maka harga per satu buah bakpao menjadi semakin
murah. Hal tersebut bermanfaat untuk menarik keinginan konsumen membeli lebih
banyak bakpao. Selain itu, pada hari-hari tertenu kami jugan memberikan
persentase diskon tertentu. Misalnya saat HUT perusahaan, kami memberi diskon
20% untuk pembelian satu box bakpao yang berisi 6 dan 12 buah.
4.5.3 Strategi Lokasi
dan Distribusi
Penentuan
lokasi merukan hal yang tidak kalah penting dalam kegiatan pemasaran. Lokasi di
Jalan Mayjen Wiyono kami pandang sebagai lokasi yang strategis. Kedai
kami dekat dengan lapangan Rampal Brawijaya Malang dimana lapangan tersebut
sering digunakan untuk berbagai acara resmi dan hiburan. Selain itu kedai kami
juga dekat dengan Pom Bensin, setiap orang yang mengunjungi Pom Bensin akan
berhenti sejenak untuk mengisi BBM, secara tidak langsung terdapat kesempatan
dimana orang-orang tersebut melihat keberadaan kedai kami. Tidak jauh dari
seberang kedai terdapat restaurant yang ramai oleh pengunjung, hal tersebut
juga merupakan keuntungan tersendiri bagi kami.
Di
daerah sekitar kedai terdapat beberapa kios buah juga ramai pembeli. Selain itu
kedai kami juga dekat dengan kawasan perumahan penduduk, seperti kawasan
perumahan Polehan dan Sawojajar. Semakin banyak jumlah kawasan penduduk di
dekat kedai, maka akan semakin banyak jumlah masyarakat yang melewati kedai
kami. Kawasan yang strategis juga harus ditunjang dengan kemudahan akses menuju
kawasan kedai kami. Akses menuju kedai kami dapat dikatakan mudah dan dekan
dengan pusat kota, adapun transportasi umum yang melewati kedai kami ialah MM,
CKL, dan TST.
Apabila
kawasan lokasi kedai kami sudah strategis, maka yang terpenting ialah lay out
atau desain dari kedai agar mampu menarik perhatian kosumen. Suasana ruangan
kedai cukup luas dan lega, selain itu kami memberikan warna yang nyaman dan
pencahayaan yang cukup terang. Tata letak kursi dan meja serta fasilitas
lainnya kami tata sedimikian rupa agar dapat membuat kosumen yang datang merasa
nyaman dan betah. Meskipun kami tidak ingin membuat kosumen menunggu dalam
mendapatkan bakpao pesanannya, namun kami juga menyiapkan ruang tunggu yang
nyaman bagi para kosumen. Hal yang tidak kalah penting dalam lay out ialah
ventilasi, sebab ventilasi yang baik akan membuat sirkulasi udara juga baik
sehingga udara di dalam kedai pun segar. Kami sangat memperhatikan desain
secara detail dalam kedai, untuk itu kami juga memberikan hiasan di dalam
kedai. Hiasan tersebut berupa lukisan, tanaman, dll.
4.5.4 Strategi
Promosi
Tujuan
dari promosi ialah menginformasikan segala jenis produk yang ditawarkan dan
berusaha menarik calon konsumen yang baru. Terdapat empat macam sarana promosi
yang kami gunakan dalam mempromosikan Bakpao Kentang, empat sarana promosi
tersebut ialah, periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan
pribadi.
Dalam
periklanan kami memanfaatkan pemasangan spanduk di lokasi-lokasi strategis
serta penyebaran brosur di gerai-gerai yang telah melakukan kerja sama dengan
kami. Kami juga memasang iklan di beberapa media cetak seperti Koran Radar
Malang dan Harian Surya. Kami juga menginformasikan produk kami melalui radio
lokal di kota Malang. Selain itu kami juga melakukan promosi melalui dunia maya
terutama di jejaring social yang sedang booming jaman sekarang ini. Kami
melakukan promosi melalui Facebook, Twitter, Blogspot, dan juga Website pribadi
perusahaan kami.
Promosi
penjualan kami lakukan dengan pemberian harga khusus atau diskon seperti yang
telah kami jelaskan pada bagian sebelumnya. Kami memberikan diskon dengan
persentase tertentu pada waktu-waktu terentu, misalnya saat HUT perusahaan,
diskon Hari Kartini, diskon Hari Lebaran, diskon Natal, dll. Melalui kemasan
yang menarik juga dapat dijadikan promosi penjualan seperti yang telah kami
lakukan.
Promosi
yang ketiga ialah publisitas, kami melakukan hal tersebut dengan menjadi
sponsor pada suatu acara tertentu. Misalnya acara hiburan, perlombaan, atau
acara yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Malang. Sedangkan untuk kegiatan
penjualan pribadi dilakukan oleh salesman dan salesgirl dari perusahaan kami.
BAB
V
ASPEK
TEKNIS/OPERASI
5.1 Rencana
Pengembangan
Aspek
teknis atau operasi juga dikenal sebagai aspek produksi. Penentuan kelayakan
teknis atau operasi perusahaan menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan
teknis/operasi. Hal-hal yang kami perhatikan dalam aspek ini ialah masalah
lokasi, sarana dan prasarana yang digunakan, tenaga ahli dan tenaga biasa yang
dipekerjakan, bahan baku utama produk, serta bangunan dan tata letak bangunan.
a. Evaluasi Lokasi
Lokasi yang kami
pilih untuk menjalankan usaha Kedai Bakpo Kentang “Maradona” terletak di Jalan
Mayjend Wiyono Kav.1 No.2 Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing, Malang, 65117.
Lokasi ini dapat dibilang dekat dengan pasar sebab terletak di kawasan
perumahan penduduk dan unit usaha lain. Karena dekat dengan kawasan perumahan
penduduk, maka kami juga dekat dengan tenaga kerja. Selain itu transportasi di
kawasan ini juga terbilang memadai.
b. Sarana dan Prasarana
Sarana yang kami
gunakan dalam kegiatan usaha ini ialah Mesin Pengadukan Adonan, Mesin
Pencetakan Adonan, Mesin Pengukusan, Mesin Pemotong Buah, Blender, Kompor Gas,
Etalase Penghangat, Lemari Es, Meja Saji, Mesin Kasir, Meja Makan, Kursi, AC,
Sofa Tunggu, Lahan Parkir, Toilet, Kendaraan, dll. Sedangkan untuk prasarana,
kami menggunakan gedung seluas 1500m2 untuk kantor, dapur
pembuatan bakpao, dan kedai bakpao.
c. Tenaga Ahli dan Tenaga Biasa
Tenaga ahli yang kami
pekerjakan untuk menunjang kelancaran usaha kami adalah tenaga ahli Pemasaran,
Keuangan, SDM dan Produksi serta seorang ahli boga yang termasuk dalam Staf
Produksi. Sedangkan untuk tenaga biasa yang kami gunakan adalah Supervisor
Pelayanan, Karyawan Staf, Pramusaji, Kasir, Cleaning Service, Driver dan Tenaga
Serabutan.
d. Bahan Baku Utama
Bahan baku utama yang
dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan usaha ini antara lain: Kentang, Tepung
Kentang, Tepung Terigu, Susu Cair, Mentega Putih, Ragi Instan, Apel,
Strawberry, Kiwi, Blueberry, Milk Chocolate, White Chocolate, Kacang Tanah, dan
Daging Cincang. Tentunya dalam memilih bahan baku tersebut, kami memiliki
standar kualitas tersendiri untuk menghasilkan bakpao kentang yang layak untuk
dipasarkan dan dijual.
e. Bangunan dan Tata Letak Bangunan
Berkaitan dengan
bangunan dan tata letak bangunan, Kedai Bakpao Kentang “Maradona” didirikan di
atas tanah seluah 1500 m2 dimana luas tanah untuk bangunan
kedai 250 m2, dapur pembuatan bakpao 500 m2 dan 750
m2 untuk tempat parkir. Kami menggunakan konsep open kitchen
dimana pelanggan dapat melihat proses pembuatan bakpao, oleh karena itu kami
menggabungkan dapur dengan kedai di lantai 1. Untuk luas bangunan kantor atau
perusahaan adalah 600 m2 di lantai 2. Tata letak bangunan
antara lain bangunan utama sebagai kedai, ruang tunggu, dapur, toilet, dan
tempat parkir.
5.2 Rencana
Pengoperasian Usaha
Rencana
pengoperasian usaha bakpao kentang kami meliputi tiga hal, yaitu proses operasi
usaha, kebutuhan bahan operasi, dan kegiatan perawatan mesin. Ketiga hal
tersebut akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.
a. Proses Operasi Usaha
Proses operasi
perusahaan meliputi rencana produksi, penjualan, rencana persediaan produk, penjadwalan
tenaga kerja dan penggajian, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya
penjualan dan pemesanan.
b. Kebutuhan Bahan Operasi
Kebutuhan bahan
operasi Kedai Bakpao Kentang “Maradona” dikelola oleh masing masing departemen
dan nantinya dikoordinasikan dengan pimpinan mengenai kebutuhan bahan operasi
yang meliputi pendanaan, jumlah produk dan kegiatan pemasaran.
c. Kegiatan Perawatan Mesin
Kegiatan perawatan
mesin kami menggunakan tenaga ahli mesin yang kami pekerjakan pada waktu
tertentu, bukan merupakan pegawai tetap. Jenis perawatan yang kami laksanakan
sesuai dengan mesin-mesin yang kami gunakan. Misalnya perawatan Mesin
Pengadukan Adonan, Mesin Pencetakan Adonan, Mesin Pengukusan, Mesin Pemotong
Buah, Blender, Kompor Gas, Etalase Penghangat, Lemari Es, Mesin Kasir, AC, dan
Kendaraan. Kegiatan perawatan mesin ini perlu kami lakukan untuk menjaga
produktivitas masing-masing mesin sampai dengan umur ekonomisnya. Apabila mesin
dirawat dengan baik maka dapat menekan biaya beban akumulasi depresiasi mesin
dan peralatan.
BAB
VI
ASPEK
EKONOMI DAN SOSIAL
6.1 Dampak dalam
Aspek Ekonomi
Bagi
masyarakat adanya investasi ditinjau dari aspek ekonomi adalah akan memberikan
peluang untuk meningkatkan pendapatannya. Sedagnkan bagi pemerintah dampak positif
yang diperoleh adalah dari aspek ekonomi memberikan pemasukan berupa pendapatan
baik bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah setempat. Secara garis
besar dampak dari aspek ekonomi yang ditimbulkan dari unit usaha kami adalah
sebagai berikut.
a. Dapat meningkatkan ekonomi rumah
tangga melalui:
1) Meningkatnya pendapatan keluarga.
PT. Maradona Sejahtera memperkerjakan 22 tenaga kerja, maka secara tidak
langsung dapat dikatakan bahwa kami meningkatkan pendapatan 22 keluarga yang
tentu saja akan memberikan pengaruh positif pada keluarga tersebut dan hal-hal
ekonomi yang berkaitan dengan keluarga tersebut.
2) Tersedianya jumlah dan ragam
produk makanan di masyarakat, sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan untuk
produk makanan yang diinginkan terutama makanan sehat. Banyaknya ragam produk
pada akhirnya akan meningkatkan persaingan, sehingga para produsen berusaha
untuk meningkatkan mutu produk, harga yang kompetitif, dll, sehingga hal ini
juga akan berpengaruh terhadap harga jual di pasaran.
3) Membuka kesempatan kerja bagi
masyarakat sekaligus mengurangi pengangguran. Dalam unit usaha ini, kami
memberikan kesempatan kerja pada 22 orang.
b. Menggali, mengatur, dan
menggunakan ekonomi sumber daya alam melalui:
1) Penggunaan lahan yang efisien dan
efektif. Lahan seluas 1500 m2 yang kami gunakan untuk
menjalankan kegiatan usaha ini membuat lahan tersebut berfungsi secara efisien
dan efektif.
2) Peningkatan nilai tambah sumber
daya alam. Bahan baku utama dari kegiatan usaha kami ialah Kentang dan Apel,
maka secara tidak langsung kami telah meningkatkan nilai tambah dari sumber
daya alam tersebut.
c. Meningkatkan perekonomian
Pemerintah lokal melalui:
1) Menambah peluang dan kesempatan
kerja serta berusaha bagi masyarakat Kota Malang. Dengan terciptanya kesempatan
kerja maka akan mengurangi pengangguran yang ada, apabila semakin berkurang di
Kota Malang maka secara tidak langsung kondisi tersebut meningkatkan
perkonomian dari Kota Malang itu sendiri.
2) Pemerataan pendistribusian
pendapatan. Dengan memberi kesempatan kerja pada mereka yang menganggur, maka
unit usaha kami telah membantu meratakan dsitribusi pendapatan. Selain itu
kerja sama yang kami jalin dengan beberapa petani Kentang dan Apel serta buah-buahan
yang lain juga dapat meningkatkan pendapatan mereka yang kemudian juga
berdampak pada pemerataan pendistribusian pendapatan.
3) Peningkatkan Pendapatan Asli
Daerah (PAD). Setiap usaha pasti akan memberikan kontribusi kepada daerah
lokasi dari usaha tersebut. Begitu juga unit usaha kami yang memberikan
kontribusi pada PAD Kota Malang.
4) Memperoleh pendapatan berupa
pajak dari usaha yang dikelola perusahaan, baik dari pendapatan penjualan
maupun pajak lainnya. Sebagai pelaku usaha yang taat terhadap pajak, maka kami
juga berkewajiban untuk membayar sejumlah pajak tertentu atas kegiatan usaha
yang kami lakukan.
6.2 Dampak dalam
Aspek Sosial
Dampak
positif dari aspek social bagi masyarakat secara umum adalah tersedianya sarana
dan prasarana yang dibutuhkan, seperti pembangunan jalan, jembatan, listrik,
dan sarana lainnya. Kemudian bagi pemerintah dampak positif dari aspek social
yaitu adanya perubahan demografi suatu wilayah, perubahan budaya, dan kesehatan
masyarakat. Sedangkan dampak social dengan adanya unit usaha dari PT. Maradona
Sejahtera ialah sebagai berikut.
a. Adanya perubahan demografi
melalui:
Perubahan komposisi
tenaga kerja baik tingkat partisipasi angkatan kerja maupun tingkat
pengangguran. Dengan adanya unit usaha ini, maka kami dapat meningkatkan
partisipasi angkatan kerja dan juga menurunkan tingkat pengangguran yang ada di
Kota Malang
b. Perubahan budaya melalui
terjadinya:
Perubahan sikap dan
persepsi masyarakat terhadap rencana usaha dan atau kegiatan. Masyarakat
terbiasa bersikap antipasti terhadap rencana usaha baru, mereka beranggapan
bahwa usaha baru hanya akan menambah kepadatan atau kemacetan di kawasan usaha
tersebut. Sehingga yang menjadi persepsi masyarakat ialah usaha baru akan
menambah polusi udara, polusi tanah, polusi suara, dll. Namun lambat laun
masyarakat merubah persepsinya tersebut sebab sebenarnya dengan adanya usaha
baru dapat meningkatkan perekonomian daerah setempat.
c. Perubahan kesehatan masyarakat
melalui terjadinya:
Perubahan status gizi
masyarakat. Unit usaha kami memproduksi makanan sehat berupa Bakpao Kentang
yang banyak mengandung gizi dan vitamin. Hal tersebut dapat merubah status gizi
masyarakat apabila makanan yang dikonsumsi merupakan makanan sehat seperti
produk olahan kami.
BAB
VII
ASPEK
KEUANGAN
7.1 Kebutuhan Dana
Investasi
a. Biaya pra operasi
Biaya pra operasi
mencapai Rp 1.019.300.000 yang digunakan untuk proses pembelian tanah dan
mendirikan bangunan.
b. Modal kerja
Modal kerja digunakan
untuk membiayai seluruh aktiva lancar yang mencapai Rp 550.000.000
c. Total kebutuhan dana Investasi
sebesar Rp 1.569.300.000
7.2 Rencana
Pembelanjaan Sumber Dana
Modal sendiri
Modal sendiri didapat
dari gabungan modal ketiga pemilik Rp 1.569.300.000
7.3 Rencana Kebutuhan
Dana
a. Aktiva Tetap
1) Tanah 1500 m2
Rp 250.000.000
2) Bangunan 750 m2
Rp 400.000.000
3) Mesin Pengaduk 4 unit
Rp 60.000.000
4) Mesin Pencetak 8 unit
Rp 64.000.000
5) Mesin Pengukus 8
unit
Rp 72.000.000
6) Mesin Pemotong Buah 2
unit Rp 10.000.000
7) Blender 6 unit
Rp 1.800.000
8) Kompor Gas 4 unit
Rp 2.000.000
9) Etalase Penghangat 2 unit
Rp
30.000.000
10) Meja Saji 2 unit
Rp 20.000.000
11) Mesin
Kasir
Rp 2.500.000
12) Meja 20 unit
Rp 4.000.000
13) Kursi 70
unit
Rp 3.500.000
14) Sofa 1
set
Rp 2.500.000
15) Peralatan
Kantor
Rp 10.000.000
16) Perlengkapan
Kantor
Rp 2.000.000
17) Komputer 5
set
Rp 25.000.000
18) Mobil 1
unit Rp
60.000.000
Jumlah Aktiva Tetap
Rp 1.019.300.000
Aktiva Lancar
1) Kas
Rp 100.000.000
2) Bahan
Baku
Rp 300.000.000
3) Bahan Pelengkap
Rp
150.000.000
Jumlah Aktiva Lancar
Rp
550.000.000
Total Aktiva
Rp 1.569.300.000
7.4 Proyeksi Keuangan
a. Proyeksi Penjualan
1) Penjualan per hari
Rp 4.000.000
2) Penjualan per bulan
Rp 120.000.000
3) Penjualan per tahun
Rp1.440.000.000
b. Proyeksi biaya per tahun
1) Pengadaan Bakpao
Rp 450.000.000
2) Gaji karyawan
a) 1 Pimpinan
Rp 24.000.000
b) 4 Manajer
Rp 81.600.000
c) 1 Supervisor Pelayanan
Rp 14.400.000
d) 9 Staf
Karyawan
Rp 129.600.000
e) 2 Pramusaji + 1
Kasir
Rp 30.600.000
f) 2 Driver
Rp 16.800.000
g) 2 Cleaning Service
Rp 15.600.000
h) 1 Tenaga
Serabutan
Rp 6.600.000
Jumlah gaji karyawan
Rp 319.200.000
3) Biaya listrik
Rp 12.000.000
4) Biaya Pemasaran
Rp 139.000.000
5) Pajak
Rp 245.000.000
6) Biaya Telp.
Rp 4.000.000
7) Perlengkapan kebersihan
Rp 1.000.000
8) Dep Bangunan
Gedung
Rp 10.000.000
9) Dep Mesin Pengaduk
Rp 5.000.000
10) Dep Mesin
Pencetak
Rp 4.800.000
11) Dep Mesin
Pengukus
Rp 5.200.000
12) Dep Mesin Pemotong Buah
Rp
800.000
13) Dep Etalase
Penghangat
Rp 2.400.000
14) Dep Meja Saji
Rp 1.500.000
15) Dep Mesin Kasir
Rp 250.000
16) Dep Meja
Kursi
Rp 750.000
17) Dep
Sofa
Rp 250.000
18) Dep Peralatan
Kantor
Rp 500.000
19) Dep
Komputer
Rp 2.000.000
20) Dep
Mobil Rp
4.000.000
Jumlah Biaya
Rp1.210.050.000
c. Proyeksi rugi / laba
Perhitungan laba
/rugi yaitu dengan menghitung selisih dari hasil penjualan dengan pengeluaran
biaya.
Laba/Rugi
= Hasil Penjualan – Jumlah Biaya
= Rp 1.440.000.000 – Rp 1.210.050.000
= Rp 229.950.000
Dengan demikian laba
yang diperoleh per tahun dalam penjualan Bakpao Kentang adalah sebesar Rp
229.950.000
ANALISIS KASUS
Dari contoh proposal dari bakpao kentang maradona sudah sesuai dengan
kerangka proposal yang ada di teori materi. Bahkan bakpao kentang maradona juga
menguji kelayakan pemasaran produknya, serta memikirkan kandungan gizi yang
ada.
Kesimpulan
Proposal Usaha bisa di artikan sebagai pengajuan yang berupa tulisan yang berisi
perencanaan dan pemaparan usaha, mulai dari dana, keperluan perlengkapan,
rencana penjualan hingga rencana keuntungan yang mungkin bisa di dapat dari
usaha tersebut. Proposal dibuat
karena memiliki tujuan, fungsi dan bermanfaat untuk para pendiri usaha yang
akan mengajukan dana tambahan untuk usaha.
DAFTAR PUSTAKA
kelompok 6
BalasHapusapakah ada standar-standar tertentu yang harus dipenuhi dalam menyusun proposal ? apakah ada pihak lain yang dapat menikmati manfaat dari proposal ?
menurut kelompok kami dalam menyusun sebuah proposal usaha harus mempunyai beberapa aspek yang harus dideskripsikan mulai dari proyek yang akan dilakukan yaitu pemasaran, penelitian dan pengemabnagan, manajemen usahanya, risiko yang dihadapi, masalah financial sampai penjadwalan waktunya, deskripsi tiap tiap aspek ini sangat penting untuk memberikan gamabran yang jelas mengenai usaha yang diajukan, kemana proposal usaha ini akan dibawa dan bagaiamna wirausahawan dapat merealisasikan proposal usah tersebut.terimakasih
HapusKelompok 12
BalasHapusHal apa saja yang harus dimiliki wirausaha untuk menyusun sebuah proposal ?
menurut kelomok kami ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh wirausahawan dalam menyusun proposal diantaranya pengetahuan, teknologi, daya kreatifitas, inisiatif dan inovatif, kemampuan membuat proyeksi keuangan, kemampuan dalam bidang pemasaran, serta pengalaman dalam bidang usaha yang digelutinya.
Hapusterima kasih
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusapa pentingnya proposal usaha bagi wirausahawan Dan apa dampak jika tidal Ada proposal usaha? Klmpok_11
BalasHapusmenurut kelompok kami manfaat dari proposal itu sendiri adalah berguna untuk membandingkan anatara perkiraan dengan hasil yang nyata, membantu wirusahawan untuk dapat berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dimasukinya, membantu wirausahawan untuk mengembangakan dan menguji strategi dan hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain.
Hapussedangkan damapak bagi wirausahawan jika tidak adanya prposal maka akan menjadi kendala bagi wiarausahawan dalam menjalankan usahanya karean proposal usaha sendiri merupakan dokumen tertulis yang berisi mengenai usaha baru yang sedang direncanakan dan begitu pentingnya proposal ini maka propsal harus dibuat murni oleh wirausahawan sendiri dan tidak sekedar menyalin proposal usaha milik orang lain. terima kasih
didalam sebuah proposal pastilah ada anggaran yang termuat didalamnya, apabila anggaran tersebut melebihi proposal yang telah dibuat bagaimana dampaknya dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut? terimakasih :) (kelompok 9)
BalasHapusmenurut kelompok kami proposal dibuat itukan untuk merancang pengeluaran yang akan terjadi. dengan adanya proposal kita bisa meminimalisir pengeluaran yang sudah ada diproposal. dampaknya keuangan kita pasti akan minus dan cara mengatasinya kita bisa mengalokasikan dana yang tidak digunakan ataupun dana yang sisa untuk menutup dana yang kurang.
Hapuskepada siapa proposal itu diajukan? bukankah ketika mendirikan usaha hanya ada modal sendiri atau pinjaman bank? kel 10
BalasHapus